Senin, 15 Oktober 2012

Tips mencegah flu

Written by Administrator   
Monday, 10 September 2007 07:00
Gejala flu burung pada dasarnya sama dengan flu biasa. Laporan kasus flu burung yang terjadi sejak 1999 menunjukkan adanya variasi gejala antara lain demam sekitar 39 derajat Celsius, batuk, lemas, sakit tenggorokan, sakit kepala, tidak nafsu makan, muntah, nyeri perut, nyeri sendi, diare, infeksi selaput mata atau conjunctivitis.
Dalam keadaan memburuk, terjadi severe respiratory distress, yakni sesak napas hebat, kadar oksigen rendah, sementara kadar karbondioksida meningkat. Ini terjadi karena infeksi flu menyebar ke paru-paru dan menimbulkan radang paru-paru atau pneumonia.
Obat flu yang diberikan dapat bersifat simtomatik. Sesuai dengan gejala yang ada. Bila batuk, penderita flu dapat diberi obat batuk. Kalau sesak dapat diberi obat jenis bronkodilator untuk melebarkan saluran napas yang menyempit. Selain itu, dapat pula diberikan obat antivirus seperti amantadine dan oseltamivire. Kalau keadaan penderita flu terus memburuk perlu dipasang alat ventilator untuk membantu pernapasan.
Agar tidak mudah terserang flu, baik flu biasa apalagi flu burung, sebenarnya sangat mudah. Yaitu dengan menerapkan prinsip-prinsip higienis dalam kehidupan keseharian. Beberapa saranan sangat mudah mencegah serangan flu di bawah ini perlu dicermati, antara lain:
• Mencuci tangan dan menggunakan alat pelindung jika melakukan kontak dengan binatang, baik dalam keadaan mati maupun hidup.
• Karena telur juga dapat tertular virus maka penanganan kulit telur dan telur mentah perlu dapat perhatian.
• Daging unggas harus dimasak sampai suhu 70 derajat C atau 80 derajat C selama sedikitnya satu menit. Ayam dan unggas lainnya asal telah dimasak dengan baik sangat aman dikonsumsi.
• Pola hidup sehat. Pencegahan flu secara umum adalah menjaga daya tahan tubuh dengan makan seimbang dan bergizi, istirahat, dan olahraga teratur.
• Jangan lupa sering mencuci tangan. Namun jika sudah terserang influenza dianjurkan banyak istirahat dan banyak minum terutama minum air putih.
Penyakit atau masalah kesehatan ini dapat dibantu penyembuhannya dengan mengkonsumsi Susu Kolostrum secara rutin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar