Minggu, 21 Oktober 2012

berdongeng untuk anak


Berdongeng 5 Menit Untuk Anak, Bermanfaat Hingga Seterusnya

  Biasanya, Paman Gery dan Bubu Mini mendongeng dalam siaran “Dongeng Pagi bersama Paman Gery & Bubu Mini” di 97,9 FM FEMALE Radio. Namun, kali ini Gery Puraatmadja dan Cut Mini berkesempatan untuk mendongeng di Atrium East Mall Level One, Grand Indonesia, khusus untuk FIMELAFest. Saat Paman Gery dan Bubu Mini keluar panggung, anak-anak bersorak gembira. Bubu Mini meminta anak-anak duduk berkumpul di atas karpet, sedangkan para orangtua duduk di kursi sebelah kanan panggung sambil membagikan kertas lipat bergambar binatang yang dibantu dengan tim dari FEMALE radio.
Ternyata bukan hanya anak-anak yang akan mendapat hiburan pagi ini. Para orangtua pun akan mendapat masukan dari Clara Ng dalam parents workshop. Saat anak-anak sedang asik membuat anjing dan kucing dari kertas, Clara yang didampingi oleh Sarah Sechan berbagi pengalaman dan ilmu kepada para orangtua tentang pentingnya membacakan dongeng untuk anak.
Clara Ng adalah penulis sejumlah novel dewasa dan anak. Bukunya untuk anak berkonsep serial dengan judul “Berbagi Cerita, Berbagi Cinta”. Mengapa membacakan dongeng penting? Menurut Clara, dongeng adalah media komunikasi efektif antara anak dengan orangtua, yang juga bisa menjadi alat pengajaran untuk pembentukan karakter, norma, dan perilaku anak. Daripada menggurui anak, akan lebih baik jika orangtua memberikan contoh-contoh cerita dalam dongeng dengan syarat orangtua harus bisa masuk ke dalam imajinasi anak.
Dengan rajin membacakan cerita untuk anak, berarti orangtua sudah mengenalkan sastra semenjak dini yang dapat memperkaya perbendaharaan pengetahuan, ekspresi, dan imajinasi anak. Tentu inilah yang diinginkan setiap orangtua agar anaknya tumbuh cerdas. Lagipula, kata Clara, membacakan dongeng memakan waktu 5 menit saja, karena sebenarnya kalau terlalu lama anak akan merasa bosan.
Setelah workshop rampung, peserta dihibur dengan penampilan dari Audiophile yang khusus membawakan lagu-lagu Disney untuk adik-adik. Luapan kegembiraan adik-adik kecil diungkapkan dengan menari mengikuti irama lagu. Selesai penampilan Audiophile, dongeng Paman Gery & Bubu Mini dimulai, dengan format anak dan orang tua diajak berinteraksi dalam dongeng ini. Beberapa anak dan orangtua diajak naik ke panggung untuk berperan menjadi karakter dalam dongeng yang dibawakan. Suasana menjadi seru berkat tawa riuh adik-adik.
Akhirnya, dongeng serta parents workshop selama dua jam ini harus berakhir. Tidak hanya para anak, orangtua pun merasa senang dapat ikut terlibat dalam acara dari rangkaian FIMELAFest dan dipersembahkan oleh FEMALE radio ini. Testimoni positif dari salah satu pengunjung pun dihaturkan, yang langsung merasakan manfaat acara ini karena mendapatkan masukan dan ide baru dalam membacakan dongeng kepada putra-putrinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar